PILIHAN STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI
A.
Pemasaran global
pemasaran global adalah suatu teknik pemasaran
berskala internasional. Peluang pasar di dalamnya akan selalu terbuka untuk
semua pengusaha, termasuk di pasar ekspor produk. Para pengusaha harus memiliki
kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan pasarnya masing-masing.
Manfaat pemasaran
global
-
Meningkatkan kompetisi para pengusaha
-
Kualitas produk lebih baik
-
Pertumbuhan ekonomi
-
Meningkatkan selera masyarakat
B.
Ekspor
Eksportir adalah kegiatan perseorangan atau
badan hukum dengan melakukan kegiatan ekspor. Jika kegiatan ekspor dilakukan
dalam skala yang cukup besar, maka proses pengiriman tersebut akan melibatkan
Bea Cukai yang berperan sebagai pengawas lalu lintas pada suatu negara.
Tujuan dan manfaat
-
Menumbuhkan industry dalam negri
-
Mengendalikan harga
-
Menambah devisa
C.
Lisensi
Lisensi secara umum dapat diartikan pemberian izin,
hal ini termasuk dalam sebuah perjanjian. Definisi lain, pemberian izin dari
pemilik barang/jasa kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan barang
atau jasa yang dilisensikan.
Macam-macam lisensi
-
Lisensi atas hak kekayaan intelektual
-
Lisensi massal
-
Lisensi merek barang/jasa
-
Lisensi hasil seni dan karakter
D.
Usaha patungan (joint venture)
Usaha patungan (joint venture) adalah suatu perusahaan yang didirikan oleh dua
entitas bisnis atau lebih untuk menyelenggarakan bisnis bersama dalam jangka
waktu tertentu.
Keuntungan
-
Memperoleh wawasan dan keahlian baru
-
Menerima akses sumberdaya yang lebih baik
-
Hanya bersifat sementara
-
Resiko ditanggung Bersama
-
Pengaturan lebih fleksibel
Kerugian
-
Tujuan yang tidak jelas
-
Fleksibilitas dapat dibatasi bahkan dihilangkan
-
Ketidaksetaraan dalam keterlibatan dan tanggung jawab
-
Mengakibatkan ketidakseimbangan asset
-
Menciptakan benturan budaya
-
Kesempatan
untuk aktivitas di luar usaha patungan terbatas
E.
Memperluas pangsa
pasar
Memperluas pangsa pasar bisa dikatakan memperbesar bisnis Hal ini dikarenakan jika pangsa pasar meningkat, maka tentu
permintaan akan meningkat, kemudian jumlah produk yang dihasilkan juga harus
meningkat, termasuk juga tenaga produksi akan meningkat.
Cara memperluas pangsa pasar
-
Tambahkan
produk serta layanan baru
-
Menjual Produk
dan layanan Pada Pelanggan yang Sudah Ada dengan Peningkatan Jumlah
-
Lebarkan pasar ke
daerah baru
-
Target pasar serta
pelnggan baru
-
Masuk pada system penjualan
baru
F.
Penentuan posisi
penawaran perusahaan dirasakan oleh target
pasar sehubungan dengan penawaran pesaing. Posisi ini mungkin terkait dengan merek, produk atau bahkan perusahaan itu sendiri di
peta persaingan pasar. Tujuan utama penentuan posisi adalah
untuk membedakan penawaran perusahaan dari yang ditawarkan pesaing.
https://accurate.id/marketing-manajemen/pemasaran-global/#:~:text=Kegiatan%20pemasaran%20juga%20sering%20disebut,dan%20kreativitasnya%20dalam%20mengembangkan%20pasar.
https://accurate.id/ekonomi-keuangan/pengertian-ekspor-dan-impor/#Tujuan_dan_Manfaat_Ekspor
https://id.wikipedia.org/wiki/Lisensi
https://www.simulasikredit.com/keuntungan-dan-kerugian-usaha-patungan-joint-venture/#:~:text=Usaha%20patungan%20(joint%20venture)%20adalah,bersama%20dalam%20jangka%20waktu%20tertentu
https://koinworks.com/blog/strategi-memperluas-pangsa-pasar/
https://cerdasco.com/penentuan-posisi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar