Selasa, 12 Januari 2021

TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4, PILIHAN STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI

 

PILIHAN STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI

 

A.    Pemasaran global

pemasaran global adalah suatu teknik pemasaran berskala internasional. Peluang pasar di dalamnya akan selalu terbuka untuk semua pengusaha, termasuk di pasar ekspor produk. Para pengusaha harus memiliki kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan pasarnya masing-masing.

Manfaat pemasaran global

-          Meningkatkan kompetisi para pengusaha

-          Kualitas produk lebih baik

-          Pertumbuhan ekonomi

-          Meningkatkan selera masyarakat

B.     Ekspor

Eksportir adalah kegiatan perseorangan atau badan hukum dengan melakukan kegiatan ekspor. Jika kegiatan ekspor dilakukan dalam skala yang cukup besar, maka proses pengiriman tersebut akan melibatkan Bea Cukai yang berperan sebagai pengawas lalu lintas pada suatu negara.

Tujuan dan manfaat

-          Menumbuhkan industry dalam negri

-          Mengendalikan harga

-          Menambah devisa

C.     Lisensi

Lisensi secara umum dapat diartikan pemberian izin, hal ini termasuk dalam sebuah perjanjian. Definisi lain, pemberian izin dari pemilik barang/jasa kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan barang atau jasa yang dilisensikan.

Macam-macam lisensi

-          Lisensi atas hak kekayaan intelektual

-          Lisensi massal

-          Lisensi merek barang/jasa

-          Lisensi hasil seni dan karakter

D.    Usaha patungan (joint venture)

Usaha patungan (joint venture) adalah suatu perusahaan yang didirikan oleh dua entitas bisnis atau lebih untuk menyelenggarakan bisnis bersama dalam jangka waktu tertentu.

Keuntungan

-          Memperoleh wawasan dan keahlian baru

-          Menerima akses sumberdaya yang lebih baik

-          Hanya bersifat sementara

-          Resiko ditanggung Bersama

-          Pengaturan lebih fleksibel

 

Kerugian

-          Tujuan yang tidak jelas

-          Fleksibilitas dapat dibatasi bahkan dihilangkan

-          Ketidaksetaraan dalam keterlibatan dan tanggung jawab

-            Mengakibatkan ketidakseimbangan asset

-           Menciptakan benturan budaya

-          Kesempatan untuk aktivitas di luar usaha patungan terbatas

E.     Memperluas pangsa pasar

Memperluas pangsa pasar bisa dikatakan memperbesar bisnis Hal ini dikarenakan jika pangsa pasar meningkat, maka tentu permintaan akan meningkat, kemudian jumlah produk yang dihasilkan juga harus meningkat, termasuk juga tenaga produksi akan meningkat.

Cara memperluas pangsa pasar

-          Tambahkan produk serta layanan baru

-          Menjual Produk dan layanan Pada Pelanggan yang Sudah Ada dengan Peningkatan Jumlah

-          Lebarkan pasar ke daerah baru

-          Target pasar serta pelnggan baru

-          Masuk pada system penjualan baru

F.      Penentuan posisi

penawaran perusahaan dirasakan oleh target pasar sehubungan dengan penawaran pesaing. Posisi ini mungkin terkait dengan merekproduk atau bahkan perusahaan itu sendiri di peta persaingan pasar. Tujuan utama penentuan posisi adalah untuk membedakan penawaran perusahaan dari yang ditawarkan pesaing.

  sumber:

https://accurate.id/marketing-manajemen/pemasaran-global/#:~:text=Kegiatan%20pemasaran%20juga%20sering%20disebut,dan%20kreativitasnya%20dalam%20mengembangkan%20pasar.

https://accurate.id/ekonomi-keuangan/pengertian-ekspor-dan-impor/#Tujuan_dan_Manfaat_Ekspor

https://id.wikipedia.org/wiki/Lisensi

https://www.simulasikredit.com/keuntungan-dan-kerugian-usaha-patungan-joint-venture/#:~:text=Usaha%20patungan%20(joint%20venture)%20adalah,bersama%20dalam%20jangka%20waktu%20tertentu

https://koinworks.com/blog/strategi-memperluas-pangsa-pasar/

https://cerdasco.com/penentuan-posisi/

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar