Kamis, 29 Oktober 2020

tugas manajemen pemasaran era revolusi industri 4, kajian sosial budaya Kentucky Fried Chicken (KFC)


Perusahaan yang menerapkan kajian sosial budaya Kentucky Fried Chicken (KFC)

    Fast Food Indonesia atau yang lebih dikenal dengan KFC Indonesia merupakan perusahaan publik yang bergerak dalam bidang ritel makanan cepat saji dan bermarkas di JakartaIndonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1978, dan pihak pertama yang memiliki izin waralaba KFC. Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial, jumlah penduduk Indonesia yang besar merupakan potensi bagi industri makanan cepat saji KFC. Kebutuhan makanan cepat saji sangat dibutuhkan karena meningkatnya mobilitas masyarakat, terutama dikawasan perkotaan tren demografi di Indonesia yang terus meningkat, memberikan peluang pada KFC Indonesia agar terus Berkembang. KFC dalam menjual produknya menyesuaikan produknya berdasarkan latar belakang maupun budaya dan kultur yang berbeda-beda di seluruh dunia salah satunya di Indonesia.

    Dari kajian sosial budaya yang dilakukan KFC dapat diketahui bahwa ayam goreng yang menjadi menu utama KFC dapat disandingkan dengan nasi yang merupakan makanan pokok orang Indonesia, hal itu merupakan contoh kajian sosial budaya. Selain ayam goreng KFC terus berinovasi dalam hal menu makanan, mereka banyak memadukan menu makanan mereka dengan taste makanan lokal lalu menambahkan menu makan lokal seperti perkedel dll. KFC mencoba menunjukan jati diri sebagai brand bukan global juga lokal, tapi menyebutnya dengan glokal. Mereka mencoba mengkombinasikan keduanya.

     Dapat kita lihat bahwa KFC melakukan beberapa kajian lingkungan eksternal sebelum memasuki pasar Indonesia, KFC memasuki pasar Indonesia melakukan modifikasi menu supaya sesuai dangan lidah orang Indonesia hal itu digunakan untuk memenagkan peluang pasar, pangsa pasar, dan menarik perhatian orang Indonesia untuk membeli sehingga dapat meningkatkan penjualan.


sumber 

http://marketingheryanto.blogspot.com/2012/06/pemasaran-global-dan-sosial-budaya.html

http://eve-gapunyablog.blogspot.com/2012/01/kfc-budaya-amerika-yang-mengindonesia.html

https://marketeers.com/kfc-brand-global-juga-lokal-tapi-glokal/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar